image

Sport science mungkin bukan hal baru bagi insan olahraga. Istilah ini tidak asing lagi bagi para pelaku olahraga, terbukti dengan mulai banyaknya negara yang menerapkan sport science untuk mendongkrak prestasi atletnya, antara lain: Amerika, Jerman, Tiongkok, Korea Selatan, Australia. Mereka mulai mengimplementasikan sport science sehingga atlet-atletnya mencapai prestasi maksimal di berbagai cabang.

Sport Science adalah disiplin ilm...

(waode)

Selengkapnya

image

Ketika seorang atlet/olahragawan mengalami cedera secara tiba-tiba, salah satu tindakan yang diberikan biasanya akan diberikan kompres es/dingin. Penggunaan kompres es/dingin, tentunya bukan tanpa alasan yang jelas. Lalu apa alasannya menggunakan kompres es/dingin tersebut?

Ketika suatu bagian tubuh mengalami cedera, entah itu karena benturan, jatuh, terkilir dan lain sebagainya, maka dimungkinkan beberapa pembuluh darah kapiler (pem...

(irfan)

Selengkapnya

image

Banyak informasi yang beredar mengenai metode latihan, dan semua itu berbeda-beda satu sama lain, yang mana tidak dapat kita maknai mana yang tepat dan mana yang tidak tepat, karena semua mempunyai dasar berpikirnya masing-masing.

Dengan memahami prinsip-prinsip dasar latihan, akan membantu untuk memahami perbedaan yang akan ditemukan di antara program-program latihan.

Prinsip Dasar

Ada dua akroni...

(irfan)

Selengkapnya

image

Banyak orang yang merasa sudah menjalani olahraga dengan baik, tapi yang didapatkan tubuh malah tidak fit.Sebaiknya periksa kadar olahraga Anda, jangan-jangan terlalu berlebihan.Apa tanda-tanda kelebihan olahraga itu..??. Overtraining atau kelelahan yang berlebihan terjadi ketika seseorang melakukan olahraga atau latihan dengan intensitas, frekuensi atau durasi yang berlebihan. Akibatnya orang tidak mungkin melakukan pemulihan...

(rora)

Selengkapnya

image


Organ tubuh yang mengalami kerusakan akibat cidera antara lain adalah : Otot, Ligament, Tulang, Kulit danTendon.

Penyebab cidera, Secara garis besar penyebab cidera itu banyak sekali, tetapi disini kita simpulkan menjadi dua faktor:
1. Faktor Internal
2. Faktor eksternal
A.  Factor internal
1. Usia:pada usia 30 – 40 tahun kekuatan otot relatif menurun, sedangkan elastisitas tendon telah menurun setel...

(alhadi)

Selengkapnya

copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved