Sports Massage dapat membantu menjaga kondisi umum tubuh menjadi lebih baik, mencegah cedera dan kehilangan mobilitas, menyembuhkan dan mengembalikan mobilitas jaringan otot yang cedera, meningkatkan kinerja dan memperpanjang umur keseluruhan karir olahraga Anda.

Berikut adalah beberapa Efek fisik dari pijat

Memompa - Gerakan membelai dalam pijat menyedot cairan melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Dengan meningkatkan tekanan di depan stroke volume, vakum dibuat belakang. Hal ini terutama penting dalam jaringan otot rusak, pijat melancarkan aliran darah pada bagian otot yg mengalami kerusakan, sehingga jaringan yang mengalami cidera memperoleh nutrisi penting dan energi untuk proses penyembuhannya.

 

Meningkatkan permeabilitas jaringan - Pijat menyebabkan pori-pori di membran jaringan akan membuka, memungkinkan cairan dan nutrisi untuk melewatinya. Hal ini membantu menghilangkan produk-produk limbah seperti asam laktat dan mendorong otot untuk mengambil oksigen dan nutrisi yang membantu mereka pulih lebih cepat.

 

Peregangan - Massage dapat meregangkan jaringan yang tidak dapat meregang dalam metode biasa. Bundel serat otot yang meregang memanjang dan melebar. Pijat juga dapat meregangkan selubung atau fasia yang mengelilingi otot, sehingga melepaskan ketegangan otot.

 

Pijat Ankle Memecah jaringan parut - Jaringan parut adalah hasil dari cedera atau trauma sebelumnya, jaringan parut dapat mempengaruhi otot, tendon dan ligamen. Hal ini dapat menyebabkan jaringan tidak fleksibel dan rentan terhadap cedera dan sakit.

 

Meningkatkan elastisitas jaringan - Pijat membantu membalikkan ini dengan meregangkan jaringan.

 

Membuka mikro-sirkulasi.

 

Efek fisiologis dari pijat olahraga

 

Pengurangan nyeri - Ketegangan dan produk-produk limbah pada otot sering dapat menyebabkan rasa sakit. Pijat membantu mengurangi ini dalam banyak cara termasuk melepaskan endorfin tubuh.

 

Relaksasi - Otot rileks melalui panas yang dihasilkan, sirkulasi dan peregangan. Mechanoreceptors yang merasakan sentuhan, tekanan, panjang jaringan dan kehangatan dirangsang menyebabkan relaksasi refleks.

 

Efek psikologis dari pijat

 

Pengurangan kecemasan - melalui efek yang disebutkan di atas relaksasi akan mengurangi tingkat kecemasan.

 

Menyegarkan - jika pijat dilakukan dengan gerakan cepat  menghasilkan perasaan menyegarkan.
Sumber : www.sportsinjuryclinic.net
 

copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved