Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Pisang secara tradisional tidak dibudidayakan secara intensif. Hanya sedikit yang dibudidayakan secara intensif dan besar-besaran dalam perkebunan monokultur, seperti 'Gros Michel' dan 'Cavendish'. Jenis-jenis lain biasanya ditanam berkelompok di pekarangan, tepi-tepi lahan tanaman lain, serta tepi sungai.

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

 

Mengapa pisang baik untuk atlet?

Semua Atlet Yang Mau Bertanding Membutuhkan Stamina Yang Prima Dan Konsentrasi Yang Baik. Terus Bagaiman Cara Atlet Menjaga Staminanya Agar Selalu Prima?

Performa seorang atlet bergantung pada seberapa banyak nutrisi dan diet. Seperti halnya seberapa banyak latihan yang di jalani, kondisi atlet tersebut dan juga faktor genetiknya. Untuk performa yang bagus, maka dibutuhkan asupan nutrisi yang baik pula.

Buah pisang bisa menjadi salah satu pilihan bagi para atlet karena bebas lemak, mengandung banyak vitamin dan mineral serta bernutrisi yang berguna untuk meningkatkan kemampuan seorang atlet.

 

Pre-Workout

Untuk olahraga daya tahan tinggi seperti lari marathon, bersepeda jarak jauh dan ski lintas alam, Colorado State University menyarankan agar menjaga diet tinggi karbohidrat selama tiga hari sebelum pertandingan, di mana 70 persen dari kalori berasal dari karbohidrat.

 

Mid-Workout

Tergantung pada durasi dan intensitas latihan, Anda mungkin perlu untuk mengisi ‘perut’ di tengah-tengah latihan. Satu pisang ukuran sedang dapat menyediakan asupan karbohidrat yang cukup untuk mencegah menurunnya gula darah, membantu untuk menunda perasaan kelelahan, menurut ahli gizi terdaftar Ennette Larson dari Vegetarian Resource Group.

 

Mineral

Sebuah latihan yang berat dapat mempengaruhi pasokan mineral tubuh di tubuh, terutama natrium, zat besi, kalsium dan potasium. Makan pisang selama dan setelah latihan dapat membantu mengisi kalium yang hilang.

Selain itu, makan pisang dapat membantu atlet wanita menghindari kekurangan zat besi yang disebabkan oleh pelatihan intensif selama menstruasi, menghindari sembelit yang mungkin timbul dari mengkonsumsi suplemen zat besi. Kalium juga untuk meringankan kram otot. Giants NFL menggunakan pisang untuk menangkal kram selama pertandingan Superbowl 2008, menyinggung keberhasilan pisang untuk memerangi kram, menurut Russ Tucker, PhD. dan Johnathon Dugas, PhD. seperti yang dikutip dari SportsScientists.

 

Vitamin

Pisang memiliki 15 persen dari asupan harian vitamin C dan merupakan sumber pangan yang baik, yang memperkuat tulang, ligamen dan otot.

Menurut Chiquita, vitamin yang terdapat dalam pisang juga membantu mensintesis adrenalin sebelum dan selama pelatihan, menjaga sistem kekebalan tubuh selama stres pelatihan, mencegah kerusakan jaringan lunak, membantu penyembuhan dan menghindari peradangan.

Vitamin B6 yang ditemukan dalam pisang juga bertanggung jawab untuk pembentukan sel darah merah, mendapatkan oksigen ke otot yang telah bekerja keras, mengubah makanan menjadi energi serta membangun otot.

Seorang atlet yang kompetitif atau berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, diet seimbang adalah kunci untuk kesehatan yang baik secara keseluruhan. Sertakan berbagai karbohidrat kompleks, makanan rendah lemak, protein, vitamin dan mineral, selain banyak serat dan air.

Makan camilan tinggi karbohidrat, seperti pisang, dalam waktu 30 menit setelah latihan dapat membantu pemulihan.

                                                                                                                                

Sumber :

Ivonna Astrid.2012.Mengapa Atlet Harus Mengonsumsi Buah Pisang?. www.google.co.id

(sai).

copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved