Menjadi seorang juara lebih dari sekadar memenangkan suatu pertandingan. Hidup seperti seorang juara dengan melatih sebagian sikap, kemampuan alami, dan etos kerja keras mungkin dilakukan dalam setiap jalan hidup, baik seorang atlet, akademisi, atau pengontrol lalu lintas udara. Kita bisa mempelajari cara untuk menemukan jenis kejuaraan yang tepat dan mendefinisikan sukses untuk diri sendiri, membangun dasarnya dengan rezim latihan, dan cara menjadi seorang pemenang yang hebat yang membawakan diri seperti seorang juara.

Banyak orang mengatakan bahwa untuk menjadi seorang juara haruslah memiliki bakat. Namun, pada dasarnya tidaklah sepenuhnya demikian, sekalipun kita tidak memiliki bakat, asalkan kita punya kemauan keras untuk terus belajar dan berlatih maka gelar “Sang Juara” tidaklah mustahil untuk kita dapatkan. Sebab, bakat bisa didapatkan jika kita mau terus belajar dan melatih diri untuk melakukan sesuatu yang kita sukai.

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan untuk menjadi “Sang Juara”.

1. Identifikasi Talenta Alami Dengan Melakukan Berbagai Jenis Permainan

Tidak semua orang dapat langsung mengenali talenta mereka. Banyak juga yang merasa dirinya tidak bisa melakukan apa-apa. Semua itu tidaklah benar, buang jauh-jauh pikiran seperti itu, karena pada dasarnya manusia diberikan kemampuan alami oleh Tuhan untuk mampu mempelajari hal-hal disekitarnya.

Jika kita merasa tidak bisa melakukan apapun, maka hal yang pertama perlu kita lakukan adalah melakukan sesuatu yang paling kita sukai dari berbagai jenis olahraga yang kita lakukan. Karena bisa jadi disitulah talenta kita berada. Lakukan secara rutin dan latihlah diri kita untuk biasa melakukannya.

 

2. Identifikasi Batasan

Identifikasi Batasan maksudnya kita bisa mengidentifikasi kelemahan-kelemahan kita. Hal yang menjadi kelemahan kita harus bisa kita tutupi dengan kelebihan kita. Sesuatu yang menjadi kelebihan kita, itulah yang kita latih dan kita tonjolkan.

 

3. Latih Tubuh dan Pikiran

Seorang juara harus mengembangkan pikiran positif, rasa percaya diri, dan kecerdasan dalam pekerjaan. Kita harus menjadi seorang pekerja yang pintar dan ahli strategi yang hebat dan buatlah ini menjadi hal yang penting bagi diri kita sendiri. Jangan hanya melatih tubuh di manapun kemampuan kita berada. Karena mental juga perlu dibangun.

  • Jika kita seorang atlet, kita perlu membaca biografi dan panduan strategi tentang olahraga kita. Saat kita sedang tidak melatih kemampuan fisik, latihlah semangat berkompetisi kita.
  • Jika kita seorang juara dalam bidang pikiran, kita juga perlu melatih tubuh kita. Olahraga bisa membantu meningkatkan memori, energi, dan kesehatan secara umum, sehingga kita bisa menjadi versi diri sendiri yang lebih baik. Jika kita menghabiskan seharian di dalam ruangan, kita perlu pergi keluar dan melakukan gerakan untuk menjaga agar pikiran kita tetap bugar.

 

4. Motivasi Diri Sendiri

Sang juara haruslah mampu memotivasi diri sendiri. Disaat ia jatuh dan terluka, ia harus mampu membuat dirinya kembali bangkit dan berjuang. Sebab, seseorang yang mampu bangkit dengan sendirinya disaat ia jatuh, dialah juara sejati.

Catatan : “Menjadi Sang Juara Tidaklah Semudah Membalikkan Telapak Tangan, Semua Itu Perlu Perjuangan. Teruslah belajar dan berlatih hingga akhirnya kau benar-benar menguasai kegemaranmu dan percayalah pada kemampuan yang kamu miliki sendiri, niscaya Tuhan akan membantu."

Reverensi : http://id.wikihow.com/Menjadi-Seorang-Juara

(sai).

copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved