Semua kegiatan selalu memiliki resiko tersendiri tak terkecuali olahraga. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang memiliki faktor resiko cidera cukup tinggi, terutama olahraga-olahraga ekstrim. Oleh karena itu, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam dunia olahraga pada dasarnya sangatlah penting mengingat resiko cidera yang mungkin terjadi. Namun, tidak banyak atlet yang sadar akan hal ini. Oleh karena itu, tidak sedikit atlet yang melakukan aktivitas olahraga tanpa pelindung diri yang lengkap.

Di zaman moderenisasi ini, dunia olahraga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pembangunan fasilitas-fasilitas olahraga yang dulu hanya berpusat di kota, sekarang sudah merambah hingga ke desa-desa. Sistem-sistem dan peralatan olahraga juga mengalami beberapa perubahan yang signifikan yang tentunya sangat membantu dalam pengembangan atlet dan juga membantu pengadil lapangan dalam menentukan keputusan saat pertandingan olahraga berlangsung.

Disisi lain, perkembangan peralatan pelindung diri bagi atlet saat berlaga ataupun saat berlatih juga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini terjadi karena meningkatnya kebutuhan APD dalam dunia olahraga yang terus meningkat dan beragam sehingga mendorong pabrik-pabrik peralatan olahraga untuk terus berinovasi guna meningkatkan kualitas produksinya dan memenuhi tantangan dunia olahraga yang semakin maju.

Kerasnya persaingan antara para atlet saat berlaga membuat atlet rentan cidera. Hal ini jugalah yang mendorong diterapkannya penggunaan APD bagi atlet baik saat berlatih ataupun berlaga agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada atlet terutama saat mereka berlaga. (Sai)

copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved