Olahraga merupakan suatu hal yang penting bagi kehidupan manusia. Dengan berolahraga maka kesehatan kita akan terus terjaga dan badan pun selalu dalam kondisi sehat. Semua jenis olahraga tentunya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah seni beladiri Muay Thai.

Muay thai merupakan olahraga bela diri tradisional yang berasal dari Thailand. Olahraga itu melibatkan teknik yang mengkombinasikan enam titik tubuh manusia: tangan, siku, pinggul,  pinggang, kaki dan lutut. Seperti halnya jenis olahraga bela diri lain, muay thai mengandalkan gerakan-gerakan fisik menyerang, bertahan, serta kekuatan dan kecepatan.  Namun jangan salah, lho. Dengan melakukan gerakan-gerakan muay thai secara rutin, ternyata ada dampak positif yang bisa dirasakan. Misal, penurunan berat badan karena olahraga ini banyak membakar kalori, menjaga stamina tubuh selalu fit, melepaskan stres dari rutinitas harian, hingga meningkatkan rasa percaya diri.


Di Indonesia, muay thai secara cepat menjadi tren. Bukan saja diminati oleh kalangan atlet profesional, namun juga masyarakat awam. Muay thai bahkan sudah menjadi hobi dan gaya hidup yang dijalani kaum urban karena menjadi alternatif olahraga.

Adapun manfaat olahraga Muay Thai antara lain.

1. Meningkatkan Stamina

 Secara umum, gerakan-gerakannya mencakup tendangan, pukulan, lompatan, dan beberapa teknik siku. Selain membuat massa otot bertambah, melakukan olahraga Muay Thai secara rutin mampu meningkatkan stamina tubuh.

2. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Manfaat olahraga Muay Thai yang satu ini mungkin tidak Anda duga sebelumnya. Gerakan-gerakan gesit yang Anda lakukan dalam Muay Thai tentu akan menyebabkan keringat lebih cepat keluar. Racun yang keluar dari keringat dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lancar. Secara tidak langsung, kulit akan terlihat semakin sehat dan bercahaya.

3. Membentuk Pinggul

Mempunyai bentuk pinggul yang sesuai dengan keinginan bukan merupakan mimpi semata. Salah satu manfaat olahraga Muay Thai adalah membentuk pinggul menjadi lebih indah. Gerakan tendangan yang fokus pada lutut akan membantu Anda dalam membentuk tubuh pada bagian pinggul.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat olahraga Muay Thai yang lain adalah kesehatan mental Anda dapat lebih terjaga. Apabila Anda melakukan Muay Thai secara rutin, rasa disiplin dalam diri akan terbentuk dengan sendirinya. Latihannya yang cukup keras akan membantu Anda dalam meningkatkan keberanian diri.

5. Melatih Kekuatan Kaki

Ada banyak teknik gerakan yang bakal kamu lakukan dalam Muay Thai. Anda akan sering menggunakan kaki sebagai salah satu tekniknya. Pada awalnya, tubuh Anda mungkin akan merasa kaku karena belum terbiasa. Tapi, banyaknya gerakan kaki yang Anda lakukan akan memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah Anda.

 

Sumber : http://www.seekmi.com/mag/manfaat-olahraga-muay-thai-untuk-kesehatan-tubuh-anda/

copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved