Untuk mencapai hasil kinerja yang maksimal dan optimal, kesehatan merupakan salah satu unsur penting. Oleh karena itu, Pusat Pengembangan IPTEK dan Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) menggelar tes kesehatan untuk diikuti oleh seluruh pegawai Kementerian Pemuda dan Olahraga. Tes kesehatan ini merupakan hasil dari Rapim antara Menpora Imam Nahrawi dengan pejabat Eselon 1 dan 2 di lingkungan Kemenpora.

Tes kesehatan dibuka dengan arahan dari Menpora pada hari Jum'at, 17 Maret 2017 di Aula Wisma Karsa Pemuda. "Melalui tes kesehatan ini, diharapkan para karyawan Kemenpora selalu dalam kondisi bugar saat bekerja" ujar Menpora dalam arahannya. Tes kesehatan dilaksanakan mulai tanggal 17 Maret 2017 hingga tanggal 24 Maret 2017.

Tes tahap 1 yang dilaksanakan pada hari Jum'at, 17 Maret 2017, mengagendakan pengambilan sampel urine untuk dilakukan tes narkoba. Tes ini dilaksanakan juga dengan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Setelah dilakukan tes dari sampel urine yang diambil, tidak ditemukan karyawan Kemenpora yang positif pengguna narkoba.

Tes tahap 2 dilaksanakan tanggal 20 - 23 Maret 2017 di gedung PPITKON yang melakukan tes pemeriksaan tinggi dan berat badan, gigi, laboratorium urin dan darah, rekam jantung (EKG) dan mata. Tes ini juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) dalam hal dukungan petugas pengambil sampel urin dan darah serta untuk pelaksanaan rontgen dada yang dilaksanakan langsung di RSON.

Tes tahap 3 dilaksanakan hari Jum'at, 24 Maret 2017, berupa tes fisik dengan cara berlari sejauh 1,6 km yang dilaksanakan di halaman kompleks Kemenpora.

Antusiasme dari para pegawai untuk mengikuti rangkaian tes ini sangat baik. Mereka berharap tes semacam ini bisa rutin untuk dilaksanakan setiap tahunnya untuk mengetahui keadaan kesehatan dan kebugaran mereka. Dengan terjaganya kesehatan dan kebugaran, kinerja para pegawai bisa optimal dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada bangsa dan negara. /irf

copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved