Banyak orang takut menjadi tua, salah satu alasannya karena kemampuan otak mereka akan menurun. Mereka mungkin mencoba berbagai cara untuk mencegah otak jadi tumpul, misalnya dengan minum berbagai suplemen atau vitamin, dan mengasah otak dengan mengisi TTS atau puzzle. Namun tahukah Anda bahwa kepintaran bisa dipertahankan cukup dengan olahraga?

Menurut penelitian baru-baru ini, olahraga bisa membantu otak Anda untuk bekerja lebih optimal. Seorang profesor dari University of Illinois, Charles Hillman, yang sudah bertahun-tahun mempelajari kaitan antara olahraga dan kepintaran, menemukan bahwa olahraga aerobik dapat meningkatkan fungsi kognitif (kemampuan berpikir) dan kinerja Anda.

Studi lain menunjukkan bahwa olahraga intensitas sedang—sekitar 30 menit untuk dewasa atau 20 menit bagi anak-anak—menghasilkan peningkatan fungsi kognitif sekitar 5-10 persen. Tampaknya, olahraga intensitas berat juga menghasilkan peningkatan yang lebih besar dibanding intensitas sedang.

Olahraga Membantu Pertumbuhan Sel Otak yang Baru

Manfaat olahraga lebih dari sekadar memberi energi ekstra dan membuat Anda lebih terjaga. Olahraga mampu membantu pertumbuhan sel otak baru. Sebuah studi di Swedia menemukan bahwa berlari menaikkan aktivitas neuron yang terlibat dalam proses belajar dan kemampuan mengingat.

Sekelompok peneliti dari Amerika mempelajari pertumbuhan sel otak pada tikus. Mereka memperhatikan adanya rangsangan pertumbuhan sel-sel baru di otak setelah tikus berlari. Di hipokampus (bagian dari otak besar) terdapat rata-rata 6000 sel otak baru per milimeter kubik yang tumbuh—proses ini disebut neurogenesis.

Jenis Olahraga yang Terbaik dalam Membuat Anda Pintar

Sejauh ini, berbagai riset memperlihatkan bahwa olahraga aerobik lah yang terbaik untuk merangsang pertumbuhan sel otak. Aerobik adalah jenis olahraga yang dapat membuat jantung Anda berdetak lebih cepat.

Kenapa olahraga aerobik yang terbaik? Olahraga ini meningkatkan aliran darah ke otak sehingga suplai oksigen lebih banyak—inilah yang membuat fungsi kognitif lebih optimal. Namun, bukan hanya suplai oksigen; kinerja hormon, enzim serta sistem imun tubuh juga didongkrak ketika Anda berolahraga aerobik.

Fokus dan memori menjadi lebih baik setelah Anda berolahraga. Sebuah hasil percobaan yang diterbitkan di Journal of American College of Sports Medicinemenunjukkan siswa yang sebelumnya berlari di treadmill dapat menghafal lebih baik dibanding siswa yang latihan angkat beban dan duduk diam.

Bagaimana dengan Anda yang sudah tua? Pilihan olahraga aerobik bevariasi, jadi pilihlah yang resikonya rendah—seperti berenang, bersepeda, atau jalan cepat, sehingga Anda tidak perlu mengalami cedera di persendian.

Bahkan beberapa menit olahraga aerobik saja sudah cukup mengoptimalkan kinerja otak Anda. Karyawan yang rutin berolahraga setiap hari selama beberapa menit, bekerja dengan efisien di seluruh jam kerjanya. Sementara karyawan yang tidak berolahraga mengalami penurunan kinerja sampai 50% di dua jam terakhir.

Setelah membaca bahwa olahraga bisa membuat Anda pintar, sudahkah meyakinkan diri untuk rutin berolahraga? Cobalah buktikan sendiri manfaatnya. Misalnya ketika lupa menaruh kunci, lakukan jumping jacks beberapa kali, dan Anda pasti akan segera mengingatnya. Jika sedikit olahraga saja bisa memperkuat daya ingat, apalagi dengan rutin berolahraga!


Sumber : https://www.deherba.com/olahraga-membuat-anda-pintar-bagaimana-caranya.html



copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved