Cantik belum tentu sehat. Begitulah kalimat yang tepat bagi Anda penyuka tumit tinggi. Para peneliti di California menyatakan, wanita lebih sering terkena Osteoarthritis karena lebih suka menggunakan tumit tinggi dibandingkan para pria.

Khususnya pengguna heels diatas 3,5 centimeter, bahaya Osteoarthritis tidak dapat dihindari. Diketahui dari Daily Mail, tidak hanya Osteoarthritis, rematik pada lutut juga menjadi ancaman serius yang diakibatkan oleh tumit tinggi.

\"Perempuan dan laki-laki memiliki biomekanik lutut yang sama saat bertelanjang kaki. Namun, perbedaan terjadi setelah wanita memilih menggunakan hak tinggi. Inilah yang menyebabkan osteoarthritis lebih sering terjadi pada wanita,\" kata salah satu peneliti.

Bentuk yang paling umum dari osteoarthritis disebabkan karena tulang rawan harus menopang berat badan. Beban semakin tinggi saat seseorang membungkuk, mengangkat, mencengkeram atau berlutut. Tidak jarang hal ini menyebabkan kaki kaku, bengkak dan nyeri sendi.

Perlu diperhatikan pula, sering menggunakan atau memakai sepatu tumit tinggi dapat memicu patah tulang dan saraf terjepit. Berhati-hatilah!


Sumber : http://demo.analisadaily.com/health/news/bahaya-tumit-tinggi-dan-osteoarthritis/98837/2015/01/15



copyright 2015 . Sport Science Kemenpora . All Right Reserved